Mimpi seorang pemuda

Aku hanyalah seorang remaja yang bermimpi akan keadilan dan kemakmuran bagi bangsaku indonesiaku ini

Minggu, 27 Februari 2011

KUMPULAN SAJAK PEMBEBASAN KEPADA PARTAI PART 1

Berikut ini adalah kumpulan  sajak yg dikumkpulkan oleh yayasan pembaharuan tahun 1965.sajak ini berisi kental dengan nilai ideologi perjuangan kaum buruh dan petani beserta kekuatan progresif lainya. 2 sajak ini ditunjukan kepada partai komunis indonesia yang revolusioner.selamat membaca



KUMOHON BARA CINTAMU

Aku bernagkat diwaktu malam,kasih
tapi fikiran terang jernih
berkat pancaran sinar benarmu
dan akupun tak bimbang untuk melangkah!


walau aku jauh disevrang
terasa hangat peluk mesramu
yang tak pernah berkurang
dan kaupun tak akan bimbang!


kau ajar aku berani
berfikir,bicara,dan bertindak
tapi satu fikiran,satu hati dan satu tujuan
kau didik aku belajar
dari kebaikan dan kekurangan kawan
dan kau berpesan 
teguh pegang pendirian
luwes dalam pelaksanaan 
hatiku lega dan tenang


dibawah sinarmata kasihmu
aku berjanji memenuhi sumpahku
aku tidak memohon restu
hanya kumohon bara cintamu
agar jalanku tetap terang 


partaiku
utukmu hidupku




DHARMAWATI




KUDAPATKAN DIMANA-MANA


Dengan apa mesti kubandingkan seorang komunis
yang memimpin aksi perlawanan
palingdepan!dan dengan berani kendati mati menanti


kebernanianya bukan kebranian lintah yang buta
adik bukan pula keberanian kijang diburu-buru
melainkan keberanian manusia yang berbudi daya


dengan apa musti kubandingkan kesetiaan komunis 
bila bedil,pukulan dan penjara serta beberapa siksa 
tak membocorkan sejarum rahasia
nahkoda?
ah,dialah yang tak akan puntar lentera
dari arah pedoman
disini dikraguman,kawan mei,kutemu banyak
komunis
petani-petani menyambutnya dengan gembira
menyuguhkan ketela dan kopi atau ubi terakhir
kemudian kulihat mereka diseret kepenjara
ketika peatni-petani itu mendapat sawahnya
tapi setiap kali kulintas dijalan-jalan
seperti matahari pagi-pagi yang terbit
dan gemintang malam berkelip dilangit
demikianpun komunis dimana-mana kutemukan
kian banyak tumbuh bermunculan




KUSNI SULANG




Tidak ada komentar:

Posting Komentar